A Gift to the Bride – Kado untuk Pengantin Wanita 02 (Bedah Buku 01)

Lanjut aganwati…

gifttothebride

Bismillaahirrahmaanirrahiiim…

Kenapa Wanita Diciptakan?

Adam AS tinggal di surga dan menikmati segala bentuk karunianya dan ia dipenuhi ampunan Allah SWT dalam setiap langkahnya. Bagaimanapun, ia masih mendambakan sesuatu yang lain. Begitulah ketika Allah SWT menciptakan Hawwa AS sebagai istrinya barulah Adam AS merasakan kenikmatan surga secara penuh dan surga benar-benar menjadi surga untuknya. Kecantikan bunga, wewangian mawar, nyanyian bulbul, kicauan burung-burung, warna indah matahari terbenam dan segala yang lainnya memberikan kebahagiaan hati sepertinya kurang bagi seorang pria tanpa adanya pendamping hidup. Dengan adanya pendamping hidup, setiap karunia memberikan kebahagiaan yang sejati. Tanpa istri, hidup seorang pria menjadi hampa dan tak berbentuk. Seorang istri meniupkan antusiasme dan warna ke hidupnya.

Seorang istri adalah kecantikan sejati bagi hidup seorang lelaki dan sumber utama kenyamanan dan pelipur lara. Istri menghidupkan laki-laki dan hidup laki-laki akan jenuh dan gelap tanpanya. Wanita adalah inti dari masyarakat dan perhiasan bagi kemanusiaan. Wanita menambahkan rasa dalam kehidupan pria. Tanpa wanita, peradaban akan berantakan dan stagnan. Wanita meniupkan semangat ke dalam aktivitas pria dan kehadirannya membuat pria terus bergerak. Sebagai hasilnya, pria selalu berkembang dan menemukan sesuatu yang baru.

Allah SWT telah memberikan kecantikan kepada wanita dan kemampuan untuk menenangkan air yang ganas sekalipun. Wanita telah menjadi sumber ketenangan bagi suami dan mengusir kesendiriannya. Dia menanamkan semangat dalam hidup pria, sehingga pria melanjutkan aktivitas hidupnya dan tidak bosan dengan apa yang dilakukannya secara rutin. Tanpa wanita, pria akan frustasi dengan kejumudan aktivitasnya dan bisa berhenti sewaktu-waktu.

Pesona yang telah wanita tambahkan ke dalam hidup dapat disamakan dengan mahkota bunga mawar, kehalusan permata pada sebuah kalung, cemerlangnya embun, riak arus air, dan apapun yang memberikan keindahan. Seorang istri dapat meriangkan suami dan mengubah neraka menjadi surga, bahkan bagi setiap raja, pemimpin Negara, pemimpin agama dan bahkan Rasulullah SAW menyebut wanita sebagai ibu. Rasulullah SAW juga menyatakan bahwa surga berada di bawah telapak kaki ibu.

Seperti sebuah dunia akan sepi tanpa manusia, sebuah rumah tanpa seorang wanita shalihah pun akan terlantar dan terlilit dengan masalah-masalah. Seorang wanita yang baik adalah ratu dalam rumah tanggganya dan bisa memerintahkan suaminya hal-hal yang masih berada dalam lingkup syariah. Bagaimanapun juga, sebelum menerima kendali perintah ke dalam tangannya, beberapa pengorbanan harus dibuat. Mahkota ratu ini adalah mahkota yang terbuat dari mawar. Seperti pula mawar memiliki duri-duri yang harus dihadapi; seorang istripun harus merasakan mahkota duri sebelum mengenakan mahkota mawar. Begitulah sistem dalam kehidupan ini.

Sementara pria sibuk membentuk kelopak mata, kelopak mata itu bertanya padanya, “Kenapa kamu membentukku dengan sangat baik?”, Pria menjawab, “Supaya kamu menjadi pantas memperoleh tempat pada organ terbaik dalam penciptaan yang terbaik (mata manusia).”

Duhai perempuan, karena kau adalah sinar harapan dalam kehidupan setiap pria, kau harus membuat dirimu menjadi shalihah. Kau harus memastikan bahwa kau melaksanakan sholat wajibmu yang lima waktu dan menggunakan hijab Islami juga mengajak para perempuan di lingkunganmu untuk menjalankan Islam dalam kehidupan, bersama-sama berupaya untuk berda’wah dan menyebarkan pedoman hidup ini ke seluruh dunia. Semoga Allah SWT menjadikanmu seorang yang shalihah dan menjadikanmu penyejuk mata bagi suamimu. Aamiiin.

Pernyataan Al Quran

Dengan kata-kata yang singkat, AL Quran telah menjelaskan tujuan penciptaan wanita. Jika seorang wanita dapat memenuhi tujuan ini, suaminya akan menjadi pria paling beruntung di dunia. Selain itu, hidupnya di dunia akan menjadi gambaran Jahannam. Dalam sebuah hadits bahkan dikatakan bahwa wanita yang demikian bisa menjadikan seseorang tua sebelum waktunya. Allah berfirman pada permulaan Surah AnNisaa’:

‘Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya; dan daripada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturahmi. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.’

Pada Surah Ruum: 21

‘Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.’

Penghiburan dan saling mengasihi ini mendasari kebahagiaan dan kestabilan sebuah keluarga dan melumasi roda peradaban. Wanita adalah buaian kenyamanan bagi suaminya. Dialah tempat segala hasrat terpuaskan dan dijauhkan dari dosa sehingga kesuciannya tetap terjaga.

Seorang istri yang shalihah adalah karunia terbesar yang dapat dimiliki seorang pria dan tiada yang lebih berharga dan lebih special daripadanya. Dia adalah tempat untuk mencinta, dicintai, dan memberi kasih untu suami. Ketika seorang suami pulang dalam keadaan lelah dan penat keudian disambut dengan istri yang tersenyum dan menawan, dia akan lupa dengan lelah dan penatnya. Seorang istri yang baik memberikan seorang pria semangat dan antusiasme dan beberapa kata darinya lebih berkhasiat memberi energy dari pada glukosa dan vitamin atau minuman penambah energi lainnya.

Pasangan yang menikah mudah diliputi kekhawatiran atas satu sama lainnya dengan menampilkan rasa saling kasih sayang. Dalam hal ini, mereka menjadikan hidup menjadi nyaman bagi satu sama lain. Semoga Allah SWT menjadikan setiap pengantin wanita sebagai sumber kenyamanan bagi suaminya. Aamiiin.

Doa Ibaadurrahman yang Tulus

Allah mendeskripsikan kualitas ahli ibadah (ibaadurrahman) salah satunya adalah bahwa mereka selalu mendoakan istrinya dan anak-anaknya dalam Surah Al Furqon ayah 74:

‘Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.’

Doa ini adalah pengingat bagi seluruh mu’minin bahwa mereka harus meminta yang sama kepada Allah SWT. Sangat jelas bahwa apabila seorang wanita tidak baik hati dan menyenangkan, pasangan tidak akan hidup bahagia bersama. Seorang wanita bisa menyejukkan mata seorang pria hanya jika dia baik dan shalihah. Seorang pria karenanya menjadi pria yang sangat beruntung jika ia menemukan wanita yang rapi, penuh kasih dan cerdas. In syaa Allah apabila seorang pengantin wanita atau seorang istri membaca buku ini dan secara tulus mempraktikkan nasihat yang telah disebutkan, pasangan suami istri akan saling menyejukkan mata masing-masing.

Jika seorang wanita menanamkan dalam dirinya kualitas yang diajarkan Islam, dia akan segera dapat menaklukkan hati suaminya dan suaminya akan mencapai kepuasan hati sebagaimana yang telah dipersembahkan oleh istrinya yang baik. Sang suami akan bersiap untuk berkorban dan melakukan apa yang diminta. Tiada yang terlalu banyak untuk suaminya penuhi.

Catatan: setiap muslim pria dan wanita harus menyempatkan membaca doa yang disebutkan di atas setiap selesai sholat fardhu. Terutama para gadis dan jejaka yang sudah mukallaf.

Selanjutnya: Wanita Shalihah.. (A Gift to the Bride – Kado untuk Pengantin Wanita 03 (Bedah Buku 01))

Bunqil – Islamabad, 28 Nopember 2012

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s